25 perjalanan yang luar biasa untuk tahun 2022

25 perjalanan yang luar biasa untuk tahun 2022
Perjalanan menarik untuk tahun 2022

Kami siap menjelajah lagi (National Geographic - Red). Berikut adalah petualangan terbaik untuk tahun 2022.

Petualang mengatasi tertinggi Amerika Utara melalui ferrata, atau cara besi, di Arapahoe Basin, Colorado. Rute pendakian Gunung Rocky dari cincin logam dan kabel ini adalah salah satu tujuan Terbaik Dunia Perjalanan Nat Geo untuk tahun 2022.
PHOTOGRAPH COURTESY IAN ZINNER, ARAPAHOE BASIN SKI AREA

Siap untuk bepergian lagi? Editor global kami memilih 25 destinasi paling menarik di planet ini untuk tahun 2022. Lima kategori—Alam, Petualangan, Keberlanjutan, Budaya dan Sejarah, dan Keluarga—membingkai perjalanan penemuan yang tak terlupakan. Daftar tahun ini merayakan sejumlah situs Warisan Dunia untuk menghormati 50 tahun UNESCO membantu menjaga kekayaan budaya dan alam. Meskipun pandemi berubah kapan, di mana, dan bagaimana kita bepergian, kita ingin melepaskan nafsu berkelana—dan melihat keajaiban apa yang akan kita temukan.

TEMPAT TERBAIK UNTUK MENIKMATI ALAM

Di Siberia Rusia, Dragon Rock menonjol dari Danau Baikal yang membeku, danau tertua dan terdalam di dunia.

Danau Baikal, Rusia
Membantu menyimpan keajaiban alam. Baikal begitu luas dan dalam, banyak penduduk setempat menyebutnya laut. Mencakup sekitar 12.200 mil persegi dan dengan kedalaman rata-rata 2.442 kaki, danau besar ini merupakan keajaiban alam. Itu juga dalam masalah serius. Meskipun dinobatkan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1996, Danau Baikal telah mengalami polusi yang berkelanjutan, melemahnya perlindungan pemerintah baru-baru ini, dan ancaman baru, seperti pengembangan pariwisata skala besar. Akibatnya, International Union for Conservation of Nature (Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam - Red) menganggap lingkungan danaunya sebagai World Heritage Outlook of “significant concern” (hal yang patut menjadi perhatian dunia yang signifikan - Red) pada tahun 2020.

Pengunjung dapat membantu menjaga danau dan bentang alamnya yang beragam—termasuk tundra, stepa, hutan boreal, dan pantai perawan—dengan menjadi sukarelawan di Great Baikal Trail Association, kelompok lingkungan nirlaba yang membuat rute hiking di sekitar danau. “Kerelawanan membantu melindungi alam Danau Baikal dengan mengembangkan infrastruktur ekowisata,” kata presiden asosiasi Elena Chubakova.

Mendaki jalan setapak adalah cara ramah planet untuk melihat beberapa dari 1.200 spesies tumbuhan dan hewan Danau Baikal yang tidak ditemukan di tempat lain di Bumi, seperti nerpa, satu-satunya anjing laut air tawar eksklusif di dunia. 

Di Jalur Caprivi yang kaya satwa liar di Namibia, gajah berkeliaran di Taman Nasional Mudumu.

Namibia
Temukan safari hebat berikutnya. Namibia membangkitkan citra gurun, bukit pasir besar, dan pegunungan kering. Tapi Jalur Caprivi, sebuah jari sempit tanah yang menjorok ke arah timur di ujung utara negara itu, adalah wilayah hijau yang kaya satwa liar. Kehadiran Sungai Okavango, Kwando, Chobe, dan Zambezi menciptakan habitat yang ideal bagi banyak spesies hewan.

Selama paruh kedua abad ke-20, daerah itu merupakan tempat aktivitas militer yang intens. Terpencil dan sulit diakses, itu adalah koridor utama bagi berbagai kelompok bersenjata. Setelah Namibia memperoleh kemerdekaan pada tahun 1990, perdamaian—dan satwa liar—secara bertahap kembali.

Di bagian timur kawasan, Taman Nasional Nkasa Rupara adalah permata rahasia. Stasiun penjaga dan pondok tenda yang dibuka dalam beberapa tahun terakhir telah membuatnya lebih mudah diakses oleh pariwisata, tetapi masih jarang dikunjungi. Dikelilingi oleh sistem Sungai Kwando-Linyanti di selatan dan oleh rawa-rawa dan laguna di utara, Nkasa Rupara adalah lahan basah lindung terbesar di Namibia. Ini digambarkan sebagai 'Okavango mini,' karena air banjirnya mencerminkan Delta Okavango yang lebih terkenal di Botswana. Taman ini adalah rumah bagi populasi kerbau terbesar di Namibia. Predator termasuk singa, macan tutul, dan hyena, sementara buaya dan kuda nil berlimpah di sungai.

Mahango Game Park, di barat, mencakup lahan basah dan hutan mopane. Di sini berkeliaran kawanan besar gajah, kuda nil, buaya, dan hampir semua spesies antelop Namibia, termasuk sitatunga semiakuatik yang sulit ditangkap.

Taman Nasional Great Otway, di negara bagian Victoria, Australia tenggara, selin memiliki keindahan alam yang luar biasa, adalah tempat berdirinya banyak pohon redwood California yang ditanam pada tahun 1930-an.

Victoria, Australia
Berkendara di Great Ocean Road. Tunas regenerasi hijau bermunculan di seluruh Australia, di mana kebakaran hutan 2019-2020 membakar sekitar 72.000 mil persegi tanah. Bencana tersebut menyebabkan kematian hampir tiga lusin orang dan lebih dari satu miliar hewan.

Memainkan perannya sendiri dalam upaya peremajaan ini, Wildlife Wonders, di wilayah Otways Victoria, adalah suaka margasatwa baru yang terletak di Great Ocean Road di tengah hutan kuno yang rimbun dan air terjun. Ini adalah gagasan Brian Massey, desainer lanskap tur set film Hobbiton Selandia Baru. Massey, bersama dengan ahli botani, ilmuwan, ahli zoologi, dan spesialis lingkungan, telah membuat jalur kayu berliku-liku yang berkelok-kelok melalui tempat perlindungan dan menyatu dengan mulus ke dalam lanskap.

Pengunjung dapat memulai tur berpemandu selama 75 menit di situs sylvan, berkeliaran di semak-semak pohon eukaliptus dan mengagumi koala, walabi, dan bandicoot yang sekarang disebut rumah suaka. Selama singgah di Research Base, para tamu dapat mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana situs ini menyediakan ruang yang aman bagi spesies asli seperti potoroo berhidung panjang, hewan berkantung yang sering menjadi mangsa predator invasif seperti rubah dan kucing.

Semua keuntungan dari Keajaiban Margasatwa masuk ke Pusat Ekologi Konservasi, yang membantu mendanai beberapa proyek konservasi penting di Otways, termasuk yang mempelajari pergerakan potoroo sebelum, selama, dan setelah kebakaran hutan yang direncanakan. —Connor McGovern, Wisatawan National Geographic Inggris.

Cagar alam Belize Maya Forest yang baru dibuat adalah bagian dari kawasan konservasi yang melindungi hampir 10 persen dari luas daratan Belize, termasuk kolam Cara Blanca yang seperti permata.

Belize
Mengintip satwa liar tropis. Perlombaan untuk melestarikan salah satu hutan hujan tropis terbesar yang tersisa di Amerika mendapat dorongan besar baru-baru ini. Pada April 2021, koalisi mitra konservasi, yang dipimpin oleh Nature Conservancy, membeli 236.000 hektar hutan tropis di barat laut Belize untuk membuat Belize Maya Forest Reserve (Cagar Hutan Belize Maya - Red). Seiring dengan menyelamatkan beberapa hutan dengan keanekaragaman hayati paling banyak di dunia dari penggundulan dan pengembangan, kawasan lindung baru—yang bersebelahan dengan Rio Bravo Conservation Management Area/RBCMA (Kawasan Pengelolaan Konservasi Rio Bravo - Red)—menutup celah besar di koridor satwa liar vital yang membentang dari tenggara Meksiko melalui Guatemala dan ke Belize.

Cagar alam gabungan, yang melindungi hampir sepersepuluh dari luas daratan Belize, melindungi dan menghubungkan habitat-habitat penting untuk berbagai jenis satwa liar yang endemik dan terancam punah. Ini termasuk tapir, hewan nasional Belize; monyet howler hitam; lebih dari 400 spesies burung; dan beberapa populasi jaguar terbesar yang masih hidup di Amerika Tengah. Untuk saat ini, kegiatan ekowisata berbasis di RBCMA yang lebih mapan, yang memiliki dua pondok pedesaan dan menawarkan ekspedisi berpemandu.

Bima Sakti berkilauan di Taman Nasional Voyageurs Minnesota, yang dinobatkan sebagai Taman Langit Gelap Internasional pada tahun 2020.

Minnesota Utara
Matikan lampu. Ribuan bintang menyilaukan di atas Minnesota utara. Wilayah terpencil yang berbatasan dengan provinsi Ontario Kanada ini memiliki sedikit atau tidak ada polusi cahaya, dan penduduk bertekad untuk tetap seperti itu.

The Heart of the Continent Dark Sky Initiative adalah upaya lintas batas yang sedang dilakukan untuk menciptakan salah satu tujuan langit gelap terbesar di planet ini. Dua bagian terbesarnya ada di Minnesota: Boundary Waters Canoe Area Wilderness, Cagar Alam Langit Gelap Internasional terbesar di dunia dengan luas lebih dari satu juta hektar, dan Taman Nasional Voyageurs yang berdekatan, Taman Langit Gelap Internasional pertama di negara bagian itu. Kedua tempat liar tersebut menerima sertifikasi langit gelap pada tahun 2020, dan Taman Provinsi Quetico Ontario, yang bersebelahan dengan area hutan belantara, memperoleh status Taman Langit Gelap Internasional pada awal tahun 2021.

(Inilah cara melihat aurora—dari Great Lakes.)

“Pelestarian kegelapan di tempat-tempat seperti Taman Nasional Voyageurs tidak hanya memberikan pemandangan menakjubkan dan manfaat ekologis bagi satwa liar,” kata Christina Hausman Rhode, direktur eksekutif lembaga nirlaba Voyageurs Conservancy. “Ini juga memberi kita jendela ke masa lalu; untuk melihat langit seperti ratusan tahun yang lalu, digunakan untuk navigasi dan mendongeng oleh orang-orang seperti penjelajah perdagangan bulu dan penduduk asli Ojibwe.”

TEMPAT TERBAIK UNTUK PETUALANGAN

Pendaki mendaki via ferrata di Arapahoe Basin Colorado, yang mencapai ketinggian 13.000 kaki.

Cekungan Arapahoe, Colorado
Mendaki Rockies. Untuk pemandangan yang tak tertandingi dari Continental Divide, seseorang harus memanjat dengan kaki ke atas melalui ferrata tertinggi di Amerika Utara. “Jalan besi” Arapahoe Basin—rute pendakian yang terdiri dari anak tangga dan kabel logam—dimulai di dasar tebing granit Rocky Mountain dan naik hampir 1.200 kaki ke puncak setinggi 13.000 kaki.

Sekilas di bawah mengungkapkan lanskap Colorado lapuk yang dihiasi lumut hijau dan flora merah muda dan ungu, dan taman batu yang dibuat oleh tebing itu sendiri, bongkahan yang jatuh bervariasi dalam ukuran dari kerikil hingga Volkswagen. Udara tipis sesekali diselingi oleh kicauan marmut atau pika yang melengking.

Bahkan mereka yang tidak memiliki pengalaman panjat tebing sebelumnya dapat memanjat tebing dengan pemandu, menggunakan anak tangga logam sambil juga mencengkeram batu atau menjepit kaki ke celah untuk pengungkit. Untuk menghindari apa yang bisa menjadi kematian ribuan kaki, pendaki harus menjepit tali pengikat mereka dari satu kabel ke kabel berikutnya saat mereka pergi. Rute ini sepenuhnya terbuka dan badai petir bisa datang secara tiba-tiba.

Dari tebing di atas, kambing gunung pegunungan tinggi sering menjadi pengamat yang tabah, tetapi biasanya menghilang saat para pelancong mencapai puncak. Ini menandai titik tengah. Dari sini, pendaki juga harus turun, yang bagi pemula via ferrata seperti Michael Lytle, bisa menjadi bagian perjalanan yang paling mengerikan.

“Kamu mencoba untuk tidak melihat ke bawah. Jalan raya tampak seperti seutas benang dari atas sana, ”kata Lytle. 'Faktor ketakutan itu nyata.'

Jutaan ubur-ubur emas tanpa sengat memenuhi danau laut yang unik di Kepulauan Rock Palau.

Palau
Berenang bersama hiu. Ketika Anda tiba di sini, cap di paspor Anda akan menyertakan Sumpah Palau, yang harus ditandatangani oleh semua pengunjung, yang menjanjikan bahwa “satu-satunya jejak kaki yang akan saya tinggalkan adalah jejak yang akan hilang.” Ikrar lingkungan 59 kata dirancang oleh dan untuk anak-anak kepulauan Pasifik barat yang terpencil ini untuk membantu melindungi budaya dan lingkungan Palau dari dampak negatif pariwisata.

Delapan puluh persen perairan negara itu—diakui oleh proyek Laut Asli National Geographic sebagai salah satu ekosistem laut terkaya di planet ini—dilestarikan sebagai Suaka Laut Nasional Palau. Dengan luas 183.000 mil persegi, suaka larangan tangkap ini adalah salah satu kawasan laut terlindung terbesar di dunia, yang melindungi sekitar 700 spesies karang dan lebih dari 1.300 spesies ikan, termasuk berbagai jenis hiu yang mempesona.

“Dari udara, Palau tampak seperti surga di bumi,” kata pendiri Pristine Seas dan National Geographic Explorer di Residence Enric Sala. 'Ketika Anda berada di bawah air, Anda dibawa ke dunia yang berbeda.'

Selama Pekan Hiu Palau tahunan ke-20, dari 27 Februari hingga 6 Maret 2022, penyelam dapat mengamati dan berpartisipasi dalam penghitungan berbagai spesies hiu yang dibantu ilmu pengetahuan warga, seperti karang abu-abu, ujung hitam, biru, harimau, dan kepala martil. Lokasi penyelaman harian dipilih karena banyaknya hiu dan kehidupan laut lainnya, termasuk kumpulan besar pari manta dan ribuan ikan pemijahan.

Para perenang snorkel dapat bergabung dengan tur Masyarakat Kelautan pada bulan Februari atau November di Laguna Selatan Kepulauan Rock yang terdaftar sebagai Warisan Dunia UNESCO, rumah bagi hiu karang, duyung, kerang raksasa, dan danau laut yang dipenuhi jutaan ubur-ubur emas.

Pengendara sepeda sekarang dapat bersepeda dari Paris ke Le Havre, di pantai Normandia Prancis, melalui jalur sepeda Sungai Seine sepanjang 270 mil.

Sungai Seine, Prancis
Bersepeda di jalur sepeda baru. La Seine Vélo adalah jalur bersepeda baru yang layak bagi pelukis Claude Monet, yang rumahnya dan bunga lili air yang terkenal di Giverny berada di jalurnya. Namun jalur Paris-ke-laut sepanjang 270 mil, dibuka pada Oktober 2020, juga menawarkan mahakarya yang kurang dikenal, seperti seni jalanan penuh warna yang menerangi Canal Saint-Denis di Paris.

Pada 15 tahapan jalur, pengendara sepeda motor melewati kawasan alami yang dilindungi, termasuk Suaka Burung Grande Noé Normandia, yang terletak di sepanjang jalur terbang migrasi utama. Saat melintasi Normandia, mereka dapat mengunjungi reruntuhan Biara Jumièges, yang didirikan pada tahun 654, dan mengikuti tur yang dipimpin oleh biarawan Benediktin ke Abbaye Saint-Wandrille, sebuah biara kerja berusia berabad-abad. Kedai teh dan taman Château de Bizy, kediaman kerajaan yang dibangun pada tahun 1740 dan terinspirasi oleh Versailles, menawarkan ketenangan dari kendaraan roda dua.

Meskipun Monet bukan satu-satunya alasan untuk mengikuti jejak, para pecinta lukisan harus meluangkan waktu ekstra untuk Giverny Museum of Impressionism, yang mengeksplorasi gerakan seni abad ke-19 yang revolusioner. —Gabriel Joseph-Dezaize, Wisatawan National Geographic Prancis

Di sepanjang Sungai Nepisiguit di New Brunswick, Kanada, rute portage First Nations yang berusia ribuan tahun sekarang menawarkan 93 mil hiking jalur tunggal, serta lokasi berkemah.

New Brunswick, Kanada
Atasi jalur pedesaan. Sebuah batu berbentuk kura-kura di dekat Air Terjun Nepisiguit, di provinsi New Brunswick, Kanada, membawa serta legenda yang diceritakan oleh orang-orang Mi'gmaq (juga dieja Mi'kmaq). Ketika permukaan air turun, 'kura-kura', bernama Egomoqaseg, atau 'batu seperti kapal yang bergerak', tampaknya memanjat keluar dari sungai, kata ahli jejak Jason Grant, yang ayah mertuanya, tetua Mi'gmaq, Gilbert. Sewell, adalah penjaga cerita.

'Legenda pergi, begitu kura-kura benar-benar keluar dari air, itu akan menjadi akhir dunia bagi orang-orang Mi'gmaq,' kata Grant. Berdasarkan kunjungan tahunannya ke batu itu, tambah Grant, perjalanan Egomoqaseg masih panjang sebelum mencapai tanah yang kering.

Air terjun ini merupakan pemberhentian di sepanjang rute migrasi First Nations yang berusia ribuan tahun yang telah dikembangkan menjadi jalur pendakian pedalaman terpanjang di Canadian Maritimes. Berlari 93 mil di sepanjang Sungai Nepisiguit, Sentier Nepisiguit Mi'gmaq Trail yang berbatu mengikuti jalur portage kuno yang digunakan oleh Mi'gmaq nomaden.

Rute dimulai di permukaan laut di Cagar Alam Daly Point di Bathurst dan berakhir di Danau Bathurst di Taman Provinsi Mount Carleton, rumah bagi Gunung Carleton setinggi 2.690 kaki, puncak tertinggi di Maritim. Untuk mempromosikan rasa hormat terhadap relevansi jejak bagi orang-orang Mi'gmaq, restorasi rute, yang selesai pada 2018, termasuk memasukkan bahasa dan budaya Mi'gmaq, seperti tempat perkemahan teepee dan logo kura-kura yang terinspirasi oleh Egomoqaseg.

Di Kosta Rika, arung jeram mengarungi jeram kelas dunia di Sungai Pacuare.

Kosta Rika
Perjalanan dari laut ke laut. Membentang melintasi Kosta Rika dari Karibia ke Pasifik, El Camino de Costa Rica adalah jendela sepanjang 174 mil ke kehidupan yang jauh dari jalur wisata yang dilalui dengan baik. Rute pendakian 16 tahap terutama mengikuti jalan umum saat melewati desa dan kota terpencil, tanah adat Cabecar, dan kawasan alam yang dilindungi.

Ini dirancang untuk memicu aktivitas ekonomi di distrik pedesaan. Keluarga lokal, organisasi nirlaba, dan jaringan pengusaha mikro, seperti produsen madu Ecomiel, pertanian organik Finca El Casquillo milik wanita, dan pabrik mikro kopi berkelanjutan La Cabaa, menyediakan sebagian besar penginapan, makanan, tur, dan fasilitas pejalan kaki lainnya.

Karena keterpencilan jalur dan tambal sulam layanan pariwisata, Mar a Mar (Laut ke Laut)—kemitraan nirlaba yang dibentuk pada tahun 2016 untuk mengembangkan, mempromosikan, dan membantu mempertahankan El Camino—sangat merekomendasikan mendaki dengan pemandu. Ticos a Pata, UrriTrek Costa Rica, dan ViaLig Journeys termasuk di antara operator tur yang menawarkan pengalaman berpemandu—mulai dari pendakian satu hari hingga trek pantai ke pantai dengan beberapa penyeberangan sungai dan menjelajahi lahan peternakan, hutan hujan, hutan awan, dan perkebunan tebu . Rencana perjalanan beberapa hari biasanya menampilkan petualangan opsional, seperti perjalanan arung jeram di jeram Sungai Pacuare kelas dunia. —National Geographic Traveler Korea

TEMPAT TERBAIK JUARA KEBERLANJUTAN

n Taman Nasional Yasuní Ekuador, parkit bersayap kobalt berduyun-duyun ke tempat menjilat tanah liat di Napo Wildlife Center.

Taman Nasional Yasuní, Ekuador
Berjuang untuk hutan. Sebagai pengakuan akan pentingnya Amazon secara global, Prancis memimpin perang melawan deforestasi di Taman Nasional Yasuní Ekuador timur, yang ditetapkan sebagai Cagar Biosfer UNESCO pada tahun 1989. Taman seluas hampir 4.000 mil persegi—rumah bagi pohon mahoni, guaba manis, anthurium , palem, dan pakis hijau yang menghipnotis—adalah yang pertama dari lima lokasi percontohan dalam program TerrAmaz yang didanai Prancis. Inisiatif empat tahun ini, diluncurkan pada akhir 2020, mendukung pembangunan berkelanjutan dan menjaga keanekaragaman hayati di hutan hujan Amazon di Brasil, Kolombia, Ekuador, dan Peru.

Yasuní—dianggap sebagai salah satu tempat dengan keanekaragaman hayati paling tinggi di Bumi—menampung berbagai macam makhluk yang menakjubkan, seperti trenggiling, kapibara, sloth, monyet laba-laba, dan sekitar 600 spesies burung berwarna-warni. Di sungai Napo dan Curaray yang mengapit taman, pengunjung dapat menyaksikan lumba-lumba sungai Amazon, spesies yang terancam punah dan penuh teka-teki.

Yasuní juga menyediakan perlindungan bagi orang Tagaeri dan Taromenane, kelompok Pribumi Waorani yang hidup dalam isolasi sukarela dan menggunakan sampan buatan tangan untuk melakukan perjalanan di antara saluran air. Operator tur seperti Napo Wildlife Centre menawarkan kunjungan dan penginapan berdasarkan model ekowisata berkelanjutan yang menguntungkan suku-suku penduduk. —Karen Alfaro, Wisatawan Geografis Nasional Amerika Latin

Chimanimani, Mozambik
Saksikan keberhasilan konservasi. “Chimanimani adalah tempat abadi, di mana pembuat hujan lokal masih mendaki puncak untuk memanggil hujan,” kata National Geographic Explorer dan jurnalis foto Jen Guyton, dari salah satu taman nasional terbaru di Mozambik. Terletak di perbatasan pegunungan negara itu dengan Zimbabwe, Taman Nasional Chimanimani, didirikan pada Oktober 2020, adalah rumah bagi puncak tertinggi Mozambik, Gunung Binga (ketinggian: 7.992 kaki). Itu dulunya rata dengan gajah, singa, dan hewan besar lainnya yang gambarnya muncul dalam seni cadas kuno yang dibuat oleh leluhur orang San.

Perburuan liar selama beberapa dekade kerusuhan sipil menghancurkan populasi satwa liar, tetapi sejumlah kecil gajah tetap ada, seperti halnya setidaknya 42 spesies mamalia lainnya dan berbagai tanaman dan kehidupan burung yang mempesona. Dalam dua survei keanekaragaman hayati baru-baru ini saja yang difoto oleh Guyton, 475 spesies tumbuhan dan 260 spesies burung telah diidentifikasi, bersama dengan 67 spesies amfibi dan reptil—termasuk satu katak dan satu kadal yang dianggap baru dalam sains.

(Bagaimana salah satu taman besar Afrika pulih dari perang.)

Kegiatan pariwisata berkelanjutan—seperti mengamati burung, mendaki ke air terjun hutan, dan bermalam di Ndzou Camp, sebuah komunitas kecil yang ramah lingkungan—memberikan pemandangan dari dekat tempat liar yang menawan, yang khususnya dinikmati Guyton saat matahari terbenam. “Tanpa jalan sejauh bermil-mil, ada keheningan total kecuali burung-burung, dan Anda mendapatkan beberapa saat kedamaian yang hampir transendental dalam cahaya hangat itu.”

Salah satu dari ratusan tambang batu bara yang pernah menghiasi wilayah Ruhr Jerman, Kompleks Industri Tambang Batubara Zollverein di Essen sekarang menjadi situs Warisan Dunia UNESCO dan pusat seni.

Lembah Ruhr, Jerman
Menjadi kreatif. Pertambangan dan produksi baja pernah mendominasi Lembah Ruhr yang padat penduduknya, yang terletak di negara bagian Rhine-Westphalia Utara di bagian barat Jerman. Saat ini, kawasan tersebut menggunakan kembali bekas timbunan terak (gundukan limbah pertambangan) dan lokasi industri yang tampak pascaapokaliptik sebagai taman dan ruang budaya terbuka.

Yang paling terkenal adalah situs Warisan Dunia Zeche Zollverein (Kompleks Industri Tambang Batubara Zollverein), rumah bagi kolam renang outdoor, gelanggang es, dan jalan setapak. “Orang-orang yang mengunjungi daerah Ruhr biasanya terkesan dengan banyaknya warna hijau,” kata Karola Geiss-Netthöfel, direktur Asosiasi Regional Ruhr.

Zollverein adalah bagian dari Taman Lanskap Emscher yang lebih luas, sistem ruang hijau dan koridor timur-barat yang mencakup hampir 175 mil persegi. Sewa sepeda di Essen untuk perjalanan bebas mobil ke Lembah Ruhr di sepanjang rute bersepeda, banyak di antaranya mengikuti bekas rel kereta api. Atau jelajahi dengan berjalan kaki melalui Hohe Mark Steig sepanjang 96 mil, jalur trekking yang dibuka pada tahun 2021.

“Jalur ini menggabungkan alam dan budaya industri dengan cara yang unik, saat Anda melewati beberapa bangunan industri,” kata Geiss-Netthöfel. Tempat teratas di dekatnya: Halde Hoheward, ketinggian 495 kaki, tumpukan terak pegunungan yang terbuat dari 180 juta ton limbah tambang dan diatapi jam matahari raksasa. —Franziska Haack, Wisatawan Geografis Nasional Jerman

Dengan Gunung Hood di latar belakang, kebun dan kebun anggur menyapu ke Sungai Columbia di Negara Bagian Washington.

Ngarai Sungai Columbia, Oregon/Washington
Anggur dan makan dengan penuh perhatian. Area Pemandangan Nasional terbesar di negara ini mungkin tidak seperti yang Anda pikirkan. Ini melintasi perbatasan Oregon-Washington dan terdiri dari 293.000 hektar tanah publik dan pribadi di sepanjang Ngarai Sungai Columbia.

Dengan Gunung Hood di dekatnya, daerah ini menarik lebih dari dua juta pengunjung setiap tahunnya. Aliansi nirlaba membantu mengurangi dampak wisata terhadap alam dan budaya lokal. Kolaborasi ini menjadi model bagi daerah lain dalam membangun ekonomi pariwisata yang berkelanjutan.

Inisiatif Aliansi Pariwisata Columbia Gorge mencakup program pendidikan pengunjung Ready, Set, Gorge, dan East Gorge Food Trail, jaringan pertanian, hotel bersejarah, kilang anggur, dan pengalaman lokal lainnya. Bermitra dengan organisasi lokal lainnya dan mendidik pengunjung menguntungkan semua orang, kata Ali McLaughlin, pemilik MountNbarreL, yang menawarkan tur sepeda mencicipi anggur dan pengalaman bebas mobil lainnya.

“Memiliki turis yang memahami pentingnya menghormati area yang mereka lalui telah membantu mengurangi kekhawatiran dari penduduk setempat,” kata McLaughlin.

Freedom Square terletak di jantung bekas kota industri ódź, Polandia, yang sekarang menjadi pemimpin dalam kehidupan perkotaan yang berkelanjutan.

Łódź, Polandia
Sorot kota hijau. Dinobatkan sebagai Kota Film UNESCO pada tahun 2017 karena budaya sinematiknya yang kaya, ódź, sebuah kota berpenduduk hampir 700.000 di Polandia tengah, adalah pusat manufaktur tekstil utama pada abad ke-19 dan ke-20. Sekarang Hollywood Polandia membalik naskah di masa lalu industrinya untuk menciptakan masa depan yang lebih hijau.

Dalam beberapa tahun terakhir ódź  (diucapkan woodge) telah menggunakan teknologi ekologi baru, seperti menggunakan pra-RDF (bahan bakar yang berasal dari sampah) dan energi biomassa untuk memanaskan rumah. Pada tahun 2021, kota ini bermitra dengan platform pengiriman e-commerce Eropa InPost untuk secara signifikan mengurangi emisi CO₂ dan lalu lintas di pusat kota dengan memasang 70 lokasi loker paket dan stasiun pengisian mobil listrik.

Hampir sepertiga dari ódź adalah ruang hijau, mulai dari taman saku baru hingga Hutan agiewnicki seluas 2.977 hektar. Di kawasan industri lama kota, pabrik dilahirkan kembali sebagai taman, pusat budaya, tempat tinggal, dan ruang ritel. Tempat paling trendi di peta budaya adalah OFF Piotrkowska, distrik seni, desain, makan, dan klub yang ramai yang bertempat di bekas pabrik kapas.

Pabrik besar lainnya, dibangun oleh I.K. Poznański Cotton Products Company—yang mempekerjakan sebanyak 7.000 orang pada tahun 1913—digambar ulang sebagai Manufaktura, sebuah pusat seni dan pusat perbelanjaan yang tersebar di 13 bangunan bata bersejarah. Muzeum Fabryki dari Manufaktura mengeksplorasi “kerajaan kapas” keluarga Poznański dan kehidupan para pekerja pabrik. —Martyna Szczepanik, National Geographic Traveler Polandia

TEMPAT TERBAIK UNTUK BUDAYA DAN SEJARAH

Di perkebunan teh Pu'er di Provinsi Yunnan, Cina, daun teh harus dipetik dengan hati-hati dengan tangan.

Gunung Jingmai, Cina
Rasakan teh. Salah satu lanskap budaya tertua di China dijadwalkan menjadi salah satu situs Warisan Dunia UNESCO terbaru di negara itu pada tahun 2022. Perkebunan Teh Kuno Gunung Jingmai di Pu'er, yang secara kolektif membentuk perkebunan teh buatan kuno terbesar di dunia, menampilkan sekitar 1,13 juta pohon teh, yang tertua berusia 1.400 tahun.

Terletak di sudut barat daya terpencil di Provinsi Yunnan China, wilayah ini merupakan titik awal dari Jalan Kuda Teh Kuno yang legendaris. Jaringan rute abad ke-11 ini dinamai untuk tujuan utamanya: memperdagangkan teh Cina untuk kuda Tibet (130 pon teh setara dengan nilai satu kuda).

(Mencari secangkir teh yang sempurna di Provinsi Yunnan Tiongkok.)

Saat ini, jalan raya baru telah menggantikan rute tersebut, tetapi perkebunan teh di kawasan itu tetap ada, seperti halnya empat kelompok etnis minoritas setempat—orang Blang, Dai, Hani, dan Wa—yang mempertahankan bahasa, adat istiadat, dan festival mereka sendiri. Lokasi terpencil dan penawaran wisata teh yang terbatas menjadikan perjalanan berpemandu sebagai cara terbaik untuk mengalami lanskap budaya yang abadi ini. —Yi Lu, Wisatawan Geografis Nasional Tiongkok

Museum Kayano Shigeru Nibutani Ainu, di Hokkaido, menampilkan koleksi artefak rakyat dari suku asli Ainu, yang dikumpulkan oleh Shigeru Kayano, anggota Ainu pertama dari badan legislatif nasional Jepang.

Hokkaido, Jepang
Pelajari tentang akar sebuah pulau. Sebagian besar pengunjung ke Hokkaido, pulau utama Jepang yang sangat indah dan paling utara, tidak memiliki banyak kesempatan untuk belajar tentang Ainu, penduduk asli dari wilayah utara kepulauan. Namun Museum dan Taman Nasional Ainu yang baru di Upopoy, yang dibuka pada tahun 2020, berharap dapat mengubahnya. Ini bergabung dengan Museum Kayano Shigeru Nibutani Ainu, yang dibuka pada tahun 1992, dalam mengajar pengunjung Jepang dan internasional tentang budaya Ainu.

Terpinggirkan sejak akhir 1800-an, Ainu diberikan perlindungan hukum di Jepang pada 2019; Undang-Undang Promosi Ainu yang baru di negara tersebut mengakui dan melarang diskriminasi terhadap Ainu.

Upopoy memiliki misi tiga cabang yang mendesak: mempromosikan, merevitalisasi, dan memperluas budaya Ainu sebelum punah. Yang paling berisiko adalah bahasa Ainu, yang tidak ada hubungannya dengan bahasa Jepang atau bahasa lainnya, dan dianggap sangat terancam punah oleh UNESCO. Mendengarkan percakapan Ainu dan bermain game untuk mempelajari pengucapan adalah bagian dari pameran permanen museum yang baru.

Pengunjung juga dapat menemukan pelajaran hidup berkelanjutan yang tepat waktu dari Ainu, yang kepercayaan spiritualnya berakar pada rasa hormat dan rasa syukur terhadap alam. Setelah mengunjungi Upopoy, berkendara 30 menit ke barat daya dan berendam di alam di Noboribetsu Onsen, resor mata air panas utama Hokkaido yang terletak di Taman Nasional Shikotsu-Toya.

Pulau Procida dinamai Italian Capital of Culture 2022. Pemandangan ikonik desa nelayan Marina Corricella ini diambil dari Belvedere dei Due Cannoni.

Pulau Procida, Italia
Hubungkan dengan budaya. Dipilih sebelum pandemi, tema pemerintahan Procida sebagai Ibukota Kebudayaan Italia 2022—La cultura non isola (Budaya tidak mengasingkan)—kini tampaknya tepat sasaran. Kota pulau, yang terletak 40 menit barat daya Napoli melalui feri berkecepatan tinggi, berencana menggunakan tahun ini sebagai sorotan untuk menggambarkan pentingnya budaya, terutama di saat-saat yang tidak pasti.

“Hari ini, ‘Budaya tidak mengisolasi’ adalah seruan yang lebih kuat untuk bertindak karena, bagi kami, pulau itu adalah metafora untuk orang modern,” kata direktur Procida 2022 Agostino Riitano. “Kita semua seperti pulau, menciptakan kepulauan kita sendiri di mana budaya harus menjadi perekat yang menyatukan mereka; ini bahkan lebih benar setelah efek pandemi.”

(Pandemi tidak dapat membungkam kota musik Italia ini.)

Procida 2022 berencana untuk menyebarkan program budaya, seperti pameran seni kontemporer, festival, dan pertunjukan, lebih dari 300 hari untuk mendorong perjalanan yang bertanggung jawab sepanjang tahun, dan untuk menghindari masuknya pengunjung secara massal selama musim panas. Dalam sorotan sebagai simbol tema inklusif adalah pulau Palazzo d'Avalos, istana Renaisans yang berubah menjadi penjara, dibangun pada tahun 1500 dan ditutup pada tahun 1988. Terakhir dikaitkan dengan isolasi, bekas penjara dan ruang hijaunya (tempat narapidana tanaman, sapi, dan babi) akan terlahir kembali sebagai tempat budaya dan taman kota.

Freedom Hall, bagian dari Taman Sejarah Nasional Martin Luther King, Jr di Atlanta, Georgia, menampilkan memorabilia terkait dengan pemimpin hak-hak sipil, yang lahir di kota itu pada tahun 1929.

Atlanta, Georgia
Temui momennya. Pada saat hak suara sedang diperebutkan di Amerika Serikat, Atlanta melenturkan otot budaya dan politiknya melalui dua organisasi pemberdayaan pemilih yang tangguh: The New Georgia Project dan Fair Fight Action, keduanya didirikan oleh pemimpin dan aktivis politik yang berbasis di Atlanta Stacey Abrams .

Berada di garis depan perubahan sosial bukanlah hal baru, kata penduduk asli kota Bem Joiner, salah satu pendiri agensi kreatif Atlanta Influences Everything. “‘Saus spesial’ Atlanta adalah tiga C-nya: sipil, perusahaan, dan budaya. Kami adalah tempat lahirnya gerakan hak-hak sipil, rumah bagi Coca-Cola, dan budaya hip-hop kami membentuk budaya global. Tidak ada tempat lain seperti Atlanta.”

Kota terbesar di Georgia juga merupakan pusat kewirausahaan kulit hitam, yang menginkubasi bisnis seperti rantai burger nabati Slutty Vegan dan Barang Rumah Berkelanjutan yang sadar lingkungan.

Mudah diakses dengan berjalan kaki atau bersepeda melalui Eastside Trail BeltLine, lingkungan Old Fourth Ward memadukan kehidupan malam dan tempat makan, seperti Biggerstaff Brewing Company dan Ponce City Market, dengan tempat bersejarah seperti Martin Luther King, Jr. National Historical Park dan Perpustakaan dan Museum Kepresidenan Jimmy Carter.

Dijuluki Tin Pan Alley, Denmark Street terkenal karena hubungannya dengan artis rekaman Inggris, termasuk Jimi Hendrix, Sex Pistols, dan Elton John, yang semuanya bermain dan direkam di studio Denmark Street.

Tin Pan Alley, London
Menyanyi bersama. Meskipun mendapat penolakan dari para puritan punk dan rock, remix dari Denmark Street, bekas pusat industri musik Inggris, menjanjikan untuk mencapai semua nada yang tepat. Setelah dipenuhi dengan penerbit musik, studio rekaman, ruang latihan, dan klub yang remang-remang, jalan kecil itu, yang dijuluki London's Tin Pan Alley, membantu meluncurkan gerakan punk rock Inggris dan legenda termasuk David Bowie, Elton John, dan Rolling Stones.

Dalam beberapa tahun terakhir, musiknya telah mati, kecuali toko gitar yang masih ada di Denmark Street. Sekarang potongan sejarah ikonik ini dihidupkan kembali sebagai bagian dari Outernet London, distrik hiburan baru senilai $1,2 miliar di West End.

Jalan yang diperlengkapi kembali mempertahankan potongan-potongan masa lalunya yang bertingkat: fasad bangunan abad ke-17 yang dipugar; seni grafiti yang dilindungi warisan Johnny Rotten, penyanyi utama Sex Pistols (yang tinggal di sini); toko musik jadul (berkat sewa jangka panjang yang terjangkau).

(Pelajari lebih lanjut tentang kelahiran kembali yang tidak mungkin dari legenda London.)

Ini juga menyambut ruang baru untuk memasukkan musik. Ada tempat pengamen di mana musisi jalanan dapat mengajukan kasus mereka untuk menjadi Adele berikutnya (yang memulai debutnya di 12 Bar Club asli Denmark Street); studio rekaman berkualitas profesional yang dapat digunakan secara gratis untuk artis pendatang baru; dan hotel Chateau Denmark yang baru, tersebar di 16 bangunan yang kaya akan sejarah musik.

TEMPAT TERBAIK UNTUK KELUARGA

Para peserta yang mengendarai keledai berparade dalam sebuah festival yang merayakan tradisi masyarakat semi-nomaden Yörük, yang terutama tersebar di sepanjang pantai selatan Turki.
FOTO OLEH MUSTAFA CIFTCI, ANADOLU AGENCY/GETTY IMAGES

Lycia, Turki
Pelajari tentang kehidupan nomaden. Suku nomaden Yörüks, berasal dari berbagai kelompok Turki yang berkisar dari Balkan hingga Iran, pernah menjelajahi dataran tinggi riviera Turki. Sebagian besar Yörüks (secara harfiah berarti 'pejalan kaki') kini telah menetap—tetapi banyak dari kebiasaan mereka yang berusia ribuan tahun masih hidup dan sehat.

Terletak di wilayah Lycia yang bersejarah di barat daya Anatolia, Semenanjung Teke adalah salah satu tempat di mana budaya Yörük tetap kuat. Teke Yörüks menjalani kehidupan semi-nomaden dengan tenda, permadani kilim, ternak, anjing gembala, dan tradisi transhumant mereka, dengan latar pegunungan Mediterania yang penuh dengan pohon zaitun.

Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan tur mulai menggabungkan keajaiban Lycia dengan kehidupan Yörük. Keluarga dapat menelusuri bagian-bagian dari Jalan Lycian yang terkenal; mengunjungi situs kuno seperti Patara, Xanthos, atau Letoon; dan berenang di air yang jernih sambil menghabiskan malam di hotel, wisma, tenda, atau rumah penduduk desa sendiri. Tetapi anak-anaklah yang paling bersenang-senang, karena mereka dapat merasakan budaya Yörük dengan membuat sirup dengan buah delima, memasak kue-kue lokal, memerah susu kambing, atau ikut serta dalam panen zaitun.

“Sejarah, alam, dan budaya, semuanya ada di sini. Kami ingin mengubah lanskap yang indah ini menjadi platform pembelajaran, tetapi juga menjadi taman bermain,” kata Kerem Karaerkek, kepala pemandu Middle Earth Travel. “Saya suka bagaimana anak-anak bersemangat ketika mereka masuk ke dapur Yörük atau ketika mereka pergi berburu harta karun di reruntuhan Lycian kuno. Anda dapat melihat rasa heran di mata mereka.” —Onur Uygun, Wisatawan Geografis Nasional Turki

Sebuah situs Warisan Dunia UNESCO, istana Alhambra terletak di sebuah bukit yang menghadap ke Granada, Spanyol yang indah.
PHOTOGRAPH OLEH DIEGO ACUÑA, EYEEM/GETTY IMAGES

Granada, Spanyol
Kagumi keindahan geometris. Dibangun sebagai kota istana oleh sultan Nasrid abad ke-13—penguasa dinasti Muslim terlama dan terakhir di Semenanjung Iberia—Alhambra (“benteng merah”) dianggap sebagai permata arsitektur Moor di Eropa. Profil berbentuk almond dari situs Warisan Dunia UNESCO ini terletak di sebuah bukit di atas Granada, salah satu kota paling indah di Spanyol.

Tapi sihir matematika yang dipamerkan di sini sangat menarik bagi keluarga. Mosaik yang rumit, arab (pola berulang dan bergaya berdasarkan desain bunga atau tumbuhan), dan muqarnas (kubah hias) menjadikan Alhambra mahakarya keindahan geometris—dan ruang kelas penuh warna untuk eksplorasi konsep matematika yang sesuai usia, seperti bentuk , simetri, proporsi, dan pengukuran.

Matematika mengalir melalui fitur desain utama Alhambra lainnya, air, yang memberi kehidupan dan makna secara keseluruhan. Air memberikan semangat menyegarkan dari taman dan gemericik air mancurnya, tetapi juga merupakan elemen dari arsitektur itu sendiri.

Di Istana Singa, salah satu dari tiga istana kerajaan asli Alhambra, keluarga akan mengagumi air mancur pusat. Desainnya yang rumit menampilkan 12 singa batu yang menopang baskom marmer besar di punggung mereka dan—berkat keajaiban teknis hidraulik yang kompleks—memuntahkan air dari mulut mereka.

Photo of the Week: Changing landscapes at Blackwater National Wildlife  Refuge | Chesapeake Bay Program

Di Pantai Timur Maryland, keluarga dapat memulai petualangan kayak di Suaka Margasatwa Nasional Blackwater, kemudian belajar tentang sejarah Kereta Api Bawah Tanah di Pusat Pengunjung Kereta Bawah Tanah Harriet Tubman di dekatnya.

Pantai Timur, Maryland
Diangkut oleh sejarah. Sejarah Kereta Api Bawah Tanah mengalir melalui saluran air, lahan basah, rawa, dan rawa pasang surut Dorchester County di Pantai Timur Maryland. Di sinilah 'konduktor' jaringan rahasia yang paling terkenal, Harriet Tubman, dilahirkan sebagai budak, dibesarkan, dan mengasah keterampilan—seperti menjebak, berburu, dan menggunakan bintang untuk bernavigasi—dia biasa melarikan diri ke kebebasan di Pennsylvania. Dia kemudian kembali 13 kali untuk menyelamatkan lebih dari 70 teman dan keluarga yang diperbudak. Kisah heroiknya diceritakan di Harriet Tubman Underground Railroad Visitor Center, salah satu dari lebih dari 30 perhentian di sepanjang Harriet Tubman Underground Railroad Byway sepanjang 125 mil.

Untuk menghidupkan kisah Tubman bagi anak-anak, Alex Green, salah satu pemilik Harriet Tubman Tours, menyarankan petualangan kayak di Suaka Margasatwa Nasional Blackwater. Sebagai seorang anak, Tubman menjebak muskrat di sini dan bekerja bersama ayahnya, seorang inspektur kayu yang mengajarinya cara bergerak di sekitar rawa.

“Kami berbicara dengan anak-anak tentang bagaimana kepercayaan diri dan pelajaran yang dipelajari Harriet di dalam institusi perbudakan yang mengerikan mendorongnya untuk mencapai hal-hal luar biasa,” kata Green. “Harriet tidak pernah menyerah dan dia tidak pernah berhenti belajar. Itu pelajaran yang bisa mereka bawa pulang.”

Budapest, ibu kota Hongaria, adalah puncak dari pelayaran di sepanjang Sungai Danube.

Sungai Danube
Buku cerita kapal pesiar mendarat. Berperahu di Danube bisa tampak seperti bepergian melalui dunia dongeng, dengan pemandangan kastil, kota abad pertengahan, dan istana megah yang membantu menghidupkan sejarah Eropa. Sungai ini berkelok-kelok melalui 10 negara Eropa (Jerman, Austria, Slovakia, Hongaria, Kroasia, Serbia, Rumania, Bulgaria, Moldova, dan Ukraina), dan sebagian besar rencana perjalanan pelayaran Danube mencakup perhentian di setidaknya empat di antaranya, dengan pelayaran keluarga khusus yang menampilkan anak-anak. -kegiatan darat yang ramah.

Pelajaran sekolah yang berfokus pada feodalisme Abad Pertengahan mengambil dimensi yang jelas ketika menjelajahi Veste Oberhaus di Passau, Jerman, salah satu kompleks kastil terbesar yang masih ada di Eropa. Tradisi berkuda Hungaria yang berusia berabad-abad menjadi hidup di peternakan Hungaria selatan, tempat csikós yang tak kenal takut, atau penggembala berkuda, berkuda dengan berdiri tegak dan menyeimbangkan di atas punggung dua kuda yang berlari kencang.

Saat keluar dari air, lihat ke roda. Naiki Bianglala Raksasa Wina yang ikonik, Riesenrad, atau naik sepeda di antara kebun-kebun anggur bertingkat di Lanskap Budaya Wachau yang terdaftar sebagai Warisan Dunia di Austria Bawah.

Seorang penyelam berenang bersama kawanan ikan boga di Taman Laut Nasional Bonaire, yang didirikan pada 1979.

Bonaire
Menyelam cagar laut yang sudah lama ada. Sinar matahari yang menyilaukan, laut pirus, pohon palem, pantai putih, dan suasana santai: Bonaire memeriksa semua kotak untuk tujuan tropis yang indah. Namun dibandingkan dengan banyak pulau Karibia lainnya, Bonaire (pop. 21.000) tenang dan masih relatif liar dan belum terjamah. Di lepas pantainya terletak salah satu cagar laut tertua di dunia.

Taman Laut Nasional Bonaire didirikan pada tahun 1979 dan telah masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO sementara sejak 2011. Cagar alam ini mencakup 6.672 hektar terumbu karang, lamun, dan vegetasi bakau. Terumbu Bonaire yang sehat adalah magnet bagi penyelam dan perenang snorkel yang dapat melihat hingga 57 spesies karang dan lebih dari 350 spesies ikan yang berbeda.

Beberapa sekolah selam di Bonaire berpartisipasi dalam program Reef Renewal, di mana para sukarelawan dapat menumbuhkan dan memelihara karang di pembibitan bawah air, kemudian menanamnya di terumbu. Siapapun yang bisa menyelam bisa datang dan membantu setelah menyelesaikan kursus PADI Reef Renewal Diver.

(Baca lebih lanjut tentang upaya baru untuk menyelamatkan terumbu karang yang sekarat.)

Aksesibilitas adalah bonus lain: Anda tidak memerlukan liveaboard atau transportasi perahu lainnya untuk mulai menjelajah. Di 54 dari hampir 90 situs menyelam umum Bonaire, Anda berjalan kaki dari pantai atau dermaga langsung ke air. —Barbera Bosma, Wisatawan Geografis Nasional Belanda

Source